Tugas Softskill Semester 7
TUGAS PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA
XL Axiata
XL Axiata
PT.
XL. Axiata Tbk. (XL), didirikan tahun 1989, di bawah kepemilikan Axiata Group
Berhad, salah satu penyedia jasa seluler terbesar di Asia Pasifik, melalui
perusahaan Indocel Holding Sdn Bhd, dengan saham 66.7%; Emirates
Telecommunications Corporation (Etisalat), penyedia jasa seluler terbesar di
Timur Tengah dan Afrika, melalui Etisalat International Indonesia Ltd., dengan
saham 13.3%; dan sebanyak 20% saham dimiliki oleh publik secara terbuka. XL
Axiata mulai beroperasi secara komesial di tahun 1996, dan saat ini menjadi
salah satu penyedia layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia,
dengan melayani hingga 31,4 juta pelanggan di seluruh tanah air pada akhir
tahun 2009. XL Axiata berfokus pada 2 aspek bisnis utama, yaitu Consumer
Solutions, yang ditujukan untuk pelayanan telepon seluler berkualitas tinggi;
dan Business Solutions, yang ditujukan untuk penyediaan solusi data dan
komunikasi yang sangat efisien dan terpercaya untuk pasar korporat.
XL
Axiata terus terbukti sebagai perintis dalam menyediakan teknologi terdepan
untuk pasar telekomunikasi di Indonesia, salah satunya dengan meluncurkan akses
internet dengan kecepatan tertinggi 3G-HSDPA (High-Speed Downlink Packet
Access) untuk pertama kalinya, serta menyediakan berbagai paket dan aplikasi
BlackBerry yang inovatif. Untuk melayani pasar internasional, XL Axiata telah
mengembangkan kemitraan yang kuat dengan lebih dari 357 penyedia jasa
telekomunikasi internasional di lebih dari 140 negara. Melalui nilai-nilai
perusahaan, yaitu integritas, kerja sama tim, dan kesempurnaan layanan, XL
Axiata berkomitmen untuk terus meningkatkan upaya dalam menjadi penyedia jasa
telekomunikasi yang diminati di Indonesia, dengan memperluas cakupan daerah
layanan dan meningkatkan kualitas, kapan saja dan di mana saja.
Jenis Dan Karateristik Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Indonesia
Jika
Anda berkeinginan berwiraswasta maupun mendirikan usaha sektor mikro, kecil,
maupun menengah sendiri, pastinya Anda sudah memperhitungkan budget,
transportasi, sumber daya, barang atau jasa yang menjadi komoditas, dan tentu
saja karyawan. Selain itu pastinya Anda juga sudah memikirkan masalah
permodalan ataupun bagaimana menarik investor agar mau berinvestasi dalam usaha
yang sedang digeluti. Namun sebelum memulai usaha tersebut, tahukan Anda, jenis
dan karakteristik usaha mikro, kecil dan menengah pada umumnya? Dari jenisnya,
sektor usaha kreatif ini terbagi menjadi 4 yaitu, mikro, kecil, menengah, dan
besar.
Usaha
mikro, kecil, menengah dapat didefiniskan sebagai aktivitas bisnis atau
perusahaan yang bergerak dalam bidang industri, pertanian/perkebunan, servis
jasa, baik dimiliki perseorangan, kerja sama, koperasi, maupun korporasi
yang didasarkan pada jumlah aset. Aset tersebut tidak termasuk kredit akan
tetapi hak-hak kepemilikan seperti kantor, tanah/perkebunan, dan peralatan
kerja. Berikut ini adalah karakteristik perusahaan sektor usaha kreatif itu
jika dikelompokkan menurut asetnya:
- Mikro : Sektor ini memiliki aset sampai dengan Rp. 50 juta dan memiliki pemasukan tahunan sampai dengan Rp.300 juta.
- Kecil : Sektor usaha ini memiliki aset dengan kisaran Rp. 50 juta- Rp.500 juta, sedangkan pemasukan tahunan berkisar antara Rp. 300 juta sampai dengan Rp. 2,5 miliar.
- Menengah :Sektor usaha menengah ini memiliki aset dari kisaran Rp.500 juta sampai dengan Rp. 10 miliar dan pendapatan tahunan penjualan mereka berkisar antara Rp. 2,5 miliar-Rp. 50 miliar.
- Besar :Aset sektor usaha ini diatas Rp. 10 miliar dan pendapatan mereka berada di atas angka Rp. 50 miliar.
Selain
faktor aset, jumlah karyawan juga dapat menentukan klasifikasi sebuah
perusahaan. Sektor usaha mikro, kecil dan menengah memiliki jumlah pegawai yang
beragam, berikut ini adalah ulasan singkatnya:
- Mikro : 1-9 karyawan
- Kecil : 10-99 karyawan
- Menengah :100-199 karyawan
- Besar : lebih dari 200 karyawan.
Sektor
usaha ini terbukti menjadi salah satu tulang punggung perekonomian Indonesia.
Terlebih lagi pada saat terjadi krisis moneter lebih dari 10 tahun yang lalu.
Sektor usaha ini berkontribusi besar dalam peningkatan kemakmuran dan
mengurangi jumlah pengangguran baik di area kota maupun desa. Bahkan sektor UKM
sangat membantu meningkatkan devisa negara. Sektor UKM juga memberikan warna
tersendiri di perekonomian tanah air dengan ide dan kemampuan kreatif yang
mampu membuat Indonesia bersaing dengan negara lain. Tercatat dalam 5 tahun
terakhir, usaha mikro, kecil, dan menengah mampu mendominasi perekonomian
nasional dimana 99% dari perusahaan di Indonesia dikuasai sektor ini.
Akuisisi XL Axiata terhadap Axis
Telekom
XL
Axiata telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi Axis Telekom
Indonesia, pada tanggal 26 September 2013.
Perjanjian
jual beli bersyarat atau conditional sales purchase agreement (CSPA) dilakukan
dengan Saudi Telecom Company (STC) dan Teleglobal
Investment BV (Teleglobal), yang merupakan anak perusahaan STC.
XL
disebut akan membayar nilai nominal saham yang disepakati dan akan membayar
sebagian dari utang dan kewajiban Axis.
Kesepakatan
perjanjian jual beli bersyarat ini meliputi beberapa hal, yaitu:
- Teleglobal akan menjual 95 persen saham di Axis kepada XL. 100 persen nilai perusahaan Axis dinilai sebesar 865 juta dollar AS, dengan catatan buku AXIS bersih dari utang dan posisi kas nol (cash free and debt free). Harga Pembayaran akan digunakan untuk membayar nilai nominal saham Axis, serta membayar utang dan kewajiban Axis.
- Transaksi tersebut akan rampung setelah mendapatkan persetujuan pemerintah terkait dan persetujuan pemegang saham XL melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).
- Satu hal lagi, transaksi itu juga akan rampung apabila tidak ada perubahan dari kepemilikan spektrum.
"Kami
yakin semua pemain di industri sepakat bahwa konsolidasi harus terjadi di
industri telekomunikasi," kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi
mengenai akuisisi ini.
Merril
Lynch (Singapura) Pte Ltd (Bank of America Merril Lynch) bertindak sebagai
penasihat keuangan dari XL untuk transaksi ini.
# http://www.xl.co.id/business/id/mengapa-xl/tentang
#http://www.xl.co.id/id/yang-baru/artikel/jenis-perusahaan-dan-karakteristik-sektor-usaha-mikro-kecil
# http://id.wikipedia.org/wiki/XL_Axiata
0 comments: