Barca Dibongkar Dua Pemain Muda Celtic

Andi Abdullah Sururi - detikSport

Kamis, 08/11/2012 10:38 WIB
 
 
Glasgow - Setelah tak terkalahkan dalam 18 pertandingan di fase grup Liga Champions, Barcelona akhirnya rebah di Celtic Park. Mereka kalah oleh gol-gol pemain muda Celtic, salah satunya pemain asal Kenya.

Bermain di stadion hijau, Kamis (8/11/2012) dinihari WIB, Celtic yang juga sedang merayakan hari jadi klub yang ke-125, sukses menaklukkan klub raksasa Spanyol itu dengan skor 2-1.

Walaupun kalah telak dalam penguasaan bola -- 28% berbanding 72% -- Celtic bahkan unggul dua gol lebih dulu melalui sundulan Victor Wanyama dan Tony Watt, sebelum Barca memperkecil kedudukan lewat Lionel Messi di injury time.

Wanyama menjebol gawang Victor Valdez dari proses sepak pojok timnya. Bek berusia 21 tahun itu, yang harganya "cuma" 900 ribu poundsterling sewaktu dibeli Celtic dari klub Belgia, Beerschot AC, sekaligus menjadi pemain Kenya pertama yang pernah mencetak gol di kompetisi Liga Champions.

Watt bahkan lebih muda dari Wanyama, berumur 18 tahun 314 hari. Ia pun menjadi pencetak gol termuda di Liga Champions sejauh musim ini, sekaligus yang termuda dalam sejarah Celtic di kompetisi tersebut.

Sementara bagi Barca, ini adalah kekalahan pertama mereka di fase grup sejak 2009 (melawan Rubin Kazan), sekaligus mengakhiri rekor tak terkalahkan dalam 18 laga berturut-turut di fase tersebut.

Adapun Messi, dia kini telah mengoleksi 54 gol di Liga Champions. Dari angka itu, 29 di antaranya ia buat di Camp Nou, 23 di kandang tim-tim lawan, dan dua di tempat netral. Rekor untuk gol tandang adalah 24, tercatat atas nama Ruud van Nistelrooy.



( a2s / krs )

0 comments: